Samsung Nexus S GT-I9023

Harga    : Rp. 3.900.000

Samsung Google Nexus S GT-I9023

Setelah sebelumnya menggandeng HTC dengan HTC Nexus One, Google kembali meluncurkan smartphone kelas premiumnya dengan menggandeng Samsung yang meluncurkan Samsung Nexus S GT-I9023. Smartphone ini menjadi jawaban Samsung dan Google menjawab tantangan Sony Ericsson yang lebih dahulu meluncurkan hape Android OS versi 2.3 GingerBread ke Tanah Air. Meski kalah start, tapi embel-embel nama Nexus yang melekat tentu menjadi sebuah jaminan kualitas tersendiri.

Desain Samsung Nexus S GT-I9023

Desain Samsung Google Nexus S GT-I9023 ini berbeda dengan keluarga Google Nexus sebelumnya. Desain kali ini terkesan kurang “mahal”. Rasanya ini akibat dari casing plastik yang dipakai. Kebetulan Nexus S yang diuji berwarna hitam-putih. Kombinasi warna yang membuatnya terlihat biasa saja. Padahal harga jual hape ini cukup mahal, diatas Rp 3,5 juta. Mungkin jika warna keseluruhan hitam, kesan mahal dapat lebih terangkat.

Terlepas dari casing yang kurang mantap, tampilan hape didominasi layar berukuran cukup besar, 4 inci. Di bagian bawah layar, berjejer tombol haptic: back, pengaturan, search, dan home. Sedangkan di bagian atas terdapat kamera sekunder berkemampuan VGA berkerapatan 640 x 480 piksel.

Seperti biasa, tombol tambahan dan port tersebar di sekeliling sisi badan hape. Ada tombol on/off, pengatur volume, port microUSB, dan jack audio 3,5 mm. Yang menarik, Nexus S tidak menyediakan slot microsD untuk tambahan memori eksternal, sebab kapasitas internalnya sudah 16 GB. Meski tampilannya kurang mantap, hape bongsor ini tidak berarti didesain seadanya. Tetap memperhatikan kaidah dalam desain, terutama kenyamanan saat digunakan. Di bagian belakang agak ke bawah, casing berbentuk lebih menonjol. Ini berguna untuk menahan telapak tangan saat menggenggam. Tekstur casing belakang bertujuan sebagai penguat pegangan agar menjadi kesat dan tidak mudah terlepas dari tangan.

Hardware dan Software

Samsung Nexus S mengusung sistem operasi terbaru bagi hape Android pintar masa kini, yakni Android OS 2.3 Gingerbread. Performanya didukung oleh prosesor 1 GHz ARM Cortex-A8 processor, PowerVR 5GX540 GPU berchipset Hummingbird. Kinerjanya jelas mengunguli Nexus One yang sudah diupgrade ke versi 2.2 Froyo pada uji benchmarknya. Belum lagi dukungan memori internal RAM sebesar 512 MB menjadikan kinerja ponsel lancar dan halus. Untuk media penyimpanan file, ponsel dibekali dengan NandFlash sebesar 16 GB.

Display dan Antarmuka

Layar sentuh kapasitif milik Nexus S berwarna cerah dan tajam. Ini berkat Super Clear LCD yang dipakai dan 16 juta warna berkerapatan 480×800 piksel. Respon yang cepat dan pergerakan yang smooth membuat pengoperasian hape lebih mudah. Teknologi yang dibenamkan juga lengkap, dari accelerometer, proximity sensor, multi touch, three-axis gyro sensor, hingga oleophobic surface. Pengguna akan disuguhi 4 halaman homescreen yang relatif masih kosong. Maka, tampilan bisa diramaikan dengan widget aplikasi dan ikon pintas. Live wallpaper yang dinamis juga dapat dipilih. Sayangnya tidak banyak perubahan dari versi Froyo. Perbedaan kecil lain terlihat pada task manager dengan tambahan manage applications. Antarmuka pada Nexus S juga menghadirkan tampilan baru pada keypad QWERTY visualnya.Tambahan prediksi kata saat mengetik pesan dengan warna oranye cerah, terlihat lebih menarik. Tersedia sistem mengedit teks yang lebih cepat dan mudah, lewat bantuan tombol menu key dan teknologi multitouch layar. Tidak ada lagi kendala dalam memilih kata, mengopi, dan memindahkan ke file lain.

Kamera dan Multimedia

Fitur kamera yang ditawarkan tergolong sangat baik, Samsung Nexus S dilengkapi dengan lensa 5 MP dengan lampu flash, auto focus, dan kerapatan 2560 x 1920 piksel tampil tidak mengecewakan. Foto berwarna natural, tajam, dan berukuran besar dapat dihasilkan dari kameranya. Hasil foto tersebut tidak hanya dapat terlihat secara baik di layar hape, tapi juga di layar PC. Bahkan, pemotretan secara makro juga memberi hasil yang tajam dan detail. Kondisi cahaya terang-gelap dan lokasi indoor-outdoor tidak menjadi kendala dalam proses pemotretan. Pengaturan lampu flash secara manual atau otomatis dapat dilakukan. Sesuaikan saja dengan kondisi ruang. Sayangnya tidak ada pengaturan zoom in-out untuk membidik obyek agar lebih fokus.

Sebagai sarana hiburan, multimedia terdiri dari beragam fitur. Mulai dari audio player, video player, dan kamera. Kelengkapan inilah yang membuat sebuah hape pintar lebih menarik. Tiap-tiap fitur akan dikupas tersendiri untuk mengetahui kualitasnya. Kemampuan audio player yang bagus ditawarkan oleh Nexus S. Suara jernih dan bulat terdengar dari lubang speaker yang terdapat di belakang hape. Bunyinya cukup keras untuk dinikmati bersama-sama dengan rekan di sekitar. Tidak tersedia equalizer untuk pengaturan suara berdasar genre musik, tapi suara yang dihasilkan sudah cukup baik. Sayangnya, tidak ada fitur radio FM bawaan di hape ini.

Konektifitas

Android OS menghadirkan kemudahan dalam mengunduh aplikasi. Untuk itu, dukungan koneksi internet sangat dibutuhkan agar hape dapat bekerja dengan maksimal. Pada Nexus S kecepatan untuk download maksimalnya 7.2 Mbps dan upload maksimal hingga 5.76 Mbps. Koneksi internet juga dilengkapi dengan WiFi untuk area ber-hotspot.

Terdapat kemampuan untuk membagi koneksi internet yang dimiliki ke perangkat lain. Kemampuan tethering sebenarnya sudah hadir pada Android versi sebelumnya. Tinggal aktifkan Tethering & Portable Hotspot di menu setting, maka perangkat lain dapat ikut menikmati koneksi internet yang dimiliki Nexus S. Semakin banyak perangkat yang terhubung tentu menyebabkan kecepatan koneksi berkurang karena harus berbagi dengan lainnya.

Yang paling menarik adalah hadirnya Near Field Communication (NFC). Teknologi ini sebenarnya merupakan sarana koneksi nirkabel yang berbasis Radio Frequency ldentification (RFID). Dengan adanya induksi medan magnet maka terjadliah komunikasi antarperangkat elektronik dalam jarak dekat (kurang dari 10 cm). Fungsinya untuk memudahkan transaksi elektronik, seperti saling bertukar konten digital, hingga berfungsi sebagai dompet digital untuk alat pembayaran.

Fitur Lainnya

Aplikasi bawaan tidak banyak, hanya Youtube, News&Weather, Car Home, Wordfeud Free, dan Tags. Untuk menambah aplikasi, seperti biasa pengguna dapat mengunduh secara gratis di Android Market. Dukungan penuh Google terlihat di aplikasi email, search, earth, dan maps. Navigasi, Place, dan Latitude turut melengkapi kehadiran Google Maps. Tidak ada tambahan pasar aplikasi khusus dari Samsung layaknya hape keluaran vendor Korea ini.

Absennya jejaring sosial tidak menjadi kendala. Setelah mengunduh Facebook dan Twitter dari pasar aplikasi, keduanya otomatis masuk ke program sinkronisasi daftar kontak dan data yang terkait. Pada widget, otomatis juga ditambahkan kedua aplikasi tersebut sehingga memudahkan update status lewat homescreen.

Kelebihan dan Kelemahan Samsung Nexus S GT-I9023

Kelebihan            :

  • Prosesor lebih bertenaga
  • Suara audio bagus
  • Hasil foto natural dan tajam
  • Ada fitur NFC

Kekurangan        :

  • Desain terkesan biasa saja
  • Tidak ada zoom in-out kamera
  • Aplikasi bawaan sedikit

Baca juga artikel menarik kami lainnya : Samsung Galaxy S2 dan HTC Wildfire S

Tagged with:

Filed under: HP Samsung

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!